Friday, March 30, 2012

Budaya Dasar


ILMU BUDAYA DASAR

Budaya dasar merupakan pengembangan kata dari istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari bahasa latin,yaitu humnus yang berarti manusia berbudaya.

Budaya dasar ini merupakan ilmu yang akan mempelajari serta mangkaji tentang manusia dan budaya,yang bisa dikembangkan lagi dalam pembelajaran konsep tentang hubungan manusia dengan manusia lain,manusia dengan lingkungan hidupnya,manusia dengan adat-istiadatnya dan lain-lain.

Hubungan antara ilmu ini dengan kehidupan bangsa indonesia dapat kita lihat dengan pandangan negara indonesia sebagai berikut:
1.        
1    1. Bangsa indonesia terkenal akan banyaknya keanekaragaman budaya yang berbeda-beda yang terlihat dari aspek budaya mengenai ikatan-ikatan yang berlaku karena perbedaan suku dan daerah.
2.       2. Sebuah proses dalam pembangunan dan keinginan untuk membuat negara ini lebih maju yang dapat merubah ke dalam dampak positif maupun negatif dan dapat membuat mental seorang manusia berubah pula mengikuti keadaan jaman tersebut yang bisa menimbulkan konflik didalam kehidupan manusia itu sendiri.
3.       3. Kehidupan dengan memiliki teknologi yang lebih maju memiliki nilai positif dalam mempelajari dan mengembangkan negara untuk lebih modern,tetapi teknologi itu sendiri memiliki dampak negatif karena bertentangan dengan nilai-nilai budaya yang dianutnya dan membuat manusia menjadi takut dan gelisah karena pengembangan teknologi yang telah dibuatnya sendiri.

Berikut ini adalah Ruang Lingkup dalam budaya dasar:
1.        
1    1. Aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah manusia dan kebudayaan yang dapat dilihat ataupun dipelajari dari segi keahlian serta disiplin seseorang dalam pengetahuan budaya.
2.       2. Sifat-sifat manusia dalam keanekaragaman suku,cara bicara serta tingkah laku yang diwujudkan dalam kebudayaan masing-masing dari perbedaan jaman,tempat dan cara hidup didalam lingkungannya.

Cara menerapkan suatu ilmu budaya dasar ini tidak bisa hanya dengan mengenal ataupun mendatangi semua budaya yang ada didalam suatu tempat,tetapi kita harus bisa berinteraksi,mendekati serta mengetahui dan memahami budaya itu sendiri dengan menggunakan faktor-faktor yang bisa mendukung kita untuk lebih mudah mempelajari perbedaan tiap-tiap budaya di masyarakat.
 Salah satu contoh faktor yang akan mempermudah kita adalah kepercayaan kita terhadap Tuhan yang berarti bahwa tiap-tiap orang percaya pasti memiliki agama menurut kepercayaannya itu. walaupun agama setiap orang dan budaya menganut agama yang berbeda-beda tetapi kita bisa memahami bahwa orang atau budaya tersebut masih memiliki kesamaan dengan kita yaitu percaya akan adanya Tuhan.

Tujuan dari mempelajari Budaya Dasar ini adalah untuk mengajarkan kita bagaimana bersikap dan bertingkah laku baik dalam berinteraksi didalam berbudaya dan bermasyarakat yang bisa membuat kita memahami serta menghormati perbedaan yang ada dalam budaya-budaya yang dimiliki oleh orang lain.

No comments:

Post a Comment