Monday, April 30, 2012

Manusia dan penderitaan

Penderitaan adalah ungkapan perasaan oleh manusia karena sesuatu yang dirasakan itu menakutkan, menyakitkan atau tidak menyenangkan. penderitaan itu sendiri dapat dibagi menjadi 2, yaitu penderitaan yang dirasakan secara batin atau mental dan penderitaan secara fisik. penderitaan juga bisa disebabkan oleh karena diri sendiri maupun oleh mahkluk hidup lainnya.

Beberapa contoh hal yang dapat menyebabkan manusia menderita secara fisik maupun mental adalah:
 1. Kurangnya kewaspadaan dalam sikap atau sifat manusia dalam menentukan suatu hal dalam hidupnya.
 2. Kekerasan atau Bullying yang dilakukan oleh individu atau kelompok terhadap individu lainnya.
 3. Emosi atau hawa nafsu yang tidak dapat ditahan untuk dilakukan sehingga dapat terjadi pemerkosaan, pembunuhan, pencurian dan lain-lain.



Sebuah penderitaan yang dirasakan seseorang terkadang dapat membawa perubahan didalam diri orang tersebut karena keinginan dalam dirinya yang berusaha ingin membuang atau menjauhi hal-hal yang membuatnya menderita, dan keinginan itu sendiri dapat membuahkan hasil yang baik ataupun yang buruk yang dapat melahirkan lagi penderitaan baru bagi dirinya.

Menurut beberapa hasil penelitian, penderitaan bukan hal yang menyenangkan dan sangat tidak diinginkan oleh manusia, namun bagi beberapa mahkluk hidup penderitaan dapat merupakan sesuatu bagian dari hidupnya dan mahkluk itu sendiri menikmatinya dan menganggapnya menyenangkan.

Dalam keagamaan penderitaan terkadang merupakan cobaan dari Tuhan terhadap mahkluk hidup yang diciptakanya demi merubah sikap dan sifat karena kesalahan yang mungkin dilakukan oleh mahkluk tersebut atau biasa disebut juga karma.

Didalam setiap negara pasti terdapat penderitaan yang dirasakan oleh masyarakat, individu bahkan derita itu dirasakan oleh negara tersebut akibat derita yang disebabkan dari dalam maupun luar negeri .
hal-hal yang mungkin menyebabkan penderitaan dalam sebuah negara:
 1. Kekayaan dan Kemiskinan
 2. Perang
 3. idealisme
 4. Konflik dari dalam dan luar negeri

Derita seseorang mungkin menyenangkan individu atau kelompok lain, namun bagi si penderita belum tentu menyenangkan baginya
Karena itulah kita sebagai manusia yang mampu berfikir dengan akal mencoba membantu mahkluk hidup lainnya yang mengalami penderitaan baik itu dalam bantuan fisik, mental dan jenis-jenis bantuan yang dapat kita berikan.

No comments:

Post a Comment