Laporan ilmiah
ialah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang
berhubungan secara struktural atau kedinasan setelah melaksanakan tugas yang
diberikan. Laporan ilmiah dibuat sebagai bukti pertanggungjawaban
bawahan/petugas atau tim/panitia kepada atasannya atas pelaksanaan tugas yang
diberikan. Laporan ilmiah harus memuat data yang tepat dan benar serta objektif
dan sistematis sehingga dapat dijadikan ukuran untuk membuat pertimbangan dan
keputusan. Berdasarkan sifat penyajiannya, laporan dibedakan menjadi laporan
formal dan laporan informal.
Sistematika
Laporan Ilmiah
A.
Bagian awal
1. Halaman judul;
2. Halaman Pengesahan (jika perlu);
3. Halaman motto / semboyan (jika perlu);
4. Halaman persembahan (jika perlu);
5. Prakata;
6. Daftar isi;
7. Daftar tabel (jika ada);
8. Daftar grafik (jika ada);
9. Daftar gambar (jika ada);
10. Abstraksi;
B.
Bagian isi
1. Bab I Pendahuluan
2. Bab II Kajian Pustaka
3. Bab III Metode Penelitian / Penulisan
4. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan
5. Bab V Penutup
C.
Bagian akhir
1. Daftar Pustaka
2. Daftar Lampiran
3. Indeks / Daftar Istilah
Sumber:
www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-laporan-ilmiah-dan.html
ilmucerdas.wordpress.com/profil/cara-penulisan-laporan-ilmiah/
www.slideshare.net/adhyanpilie/bab-v-menulis-laporan-ilmiah-sederhana
panduanguru.com/ciri-ciri-laporan-ilmiah-panduan-laporan-ilmiah
ocw.ipb.ac.id/file.php/19/Komunikasi_dan.../BMI-Laporan_Ilmiah.pdf
Contoh laporan ilmiah
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Penggunaan teknologi internet di
dunia semakin meningkat. Setiap orang pasti telah menikmati layanan internet.
Dahulu internet hanya digunakan oleh para pekerja di bidang teknologi komputasi
berbasis internet dan yang mengerti teknologi itu saja. Seiring dengan
perkembangan zaman, teknologi ini juga mengalami perkembangan ke arah
pencapaian kemudahan dan kenyamanan luar biasa dalam melakukan kegiatan
sehari-hari yang dianggap tidak mungkin dapat dikerjakan dalam waktu singkat.
Negara-negara besar di dunia
seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Cina pun terus berlomba-lomba menghadirkan
inovasi baru dalam perkembangan teknologi dunia. Teknologi yang terpesat
perkembangannya saat ini adalah teknologi informasi dan telekomunikasi, yang
menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya.
Internet adalah salah satu bukti
nyata pesatnya perkembangan teknologi di bidang informasi dan telekomunikasi.
Internet membawa pengaruh yang sangat besar dalam pola kehidupan masyarakat
dunia, khususnya negara-negara maju. Internet disebut juga dunia tanpa batas
karena sifatnya yang benar-benar mendunia. Waktu dan jarak bukan lagi masalah
untuk memperoleh informasi maupun memberi informasi. Walau masih tertinggal
jauh dari Negara-negara Asia yang lebih maju, perkembangan internet di
Indonesia telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Secara keseluruhan
memang masih dapat dikatakan bahwa internet relatif baru dikenal oleh
masyarakat Indonesia.
Internet kini menjadi pusat
informasi di seluruh dunia. Pada kenyataannya ada sebagian orang yang belum
memanfaatkan fungsi dari adanya internet. Sebagian orang mengalami kesulitan
dalam mencari informasi karena kendala bahasa. Padahal berbagai kepentingan
pekerjaan maupun pendidikan bergantung pada internet. Semua itu menuntut setiap
individu untuk dapat mengoperasikan internet sebagai konsekuensi hidup di zaman
serba canggih ini. Internet sebagai media pembelajaran mulai diterapkan pada
dunia pendidikan. Peserta didik diajarkan mengenai pengoperasian internet,
tujuannya adalah agar peserta didik mengenal dunianya, dunia yang tidak
berhenti mengalami perkembangan teknologi.
Namun, sebesar apapun manfaat
internet bagi kehidupan manusia, sebesar itu pula internet membawa pengaruh buruk.
Pengaruh buruk ini tentunya harus dihindari, terutama bagi para peserta didik
sebagai generasi penerus bangsa.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, maka masalah dalam penulisan ini dirumuskan
sebagai berikut :
1.
Bagaimana peranan internet dalam bidang pendidikan ?
2.
Apa saja dampak-dampak penggunaan internet bagi pendidikan ?
3.
Bagaimana cara menyikapi berbagai dampak penggunaan internet ?
1.3
Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan ini
adalah :
1.
Untuk mengetahui peranan internet dalam bidang pendidikan.
2.
Untuk mengetahui berbagai dampak penggunaan internet bagi pendidikan.
3.
Untuk mengetahui cara menyikapi dampak atau pengaruh penggunaan internet.
1.4
Manfaat penulisan
1.
Bagi peserta didik, penulisan ini bermanfaat sebagai referensi mengenai
perkembangan internet serta peranannya dalam kehidupan sosial, pengaruh positif
maupun negatif dari penggunaan internet, terutama dalam bidang pendidikan, dan
sebagai acuan untuk menyikapi berbagai dampak dari internet agar dapat
terhindar dari penyalahgunaan internet.
2.
Bagi pendidik, penulisan ini berguna untuk memberi informasi seputar internet,
pengaruh-pengaruh internet terhadap daya kreativitas dan perkembangan peserta
didik, serta memudahkan pendidik dalam turut serta membantu menjauhkan peserta
didik dari penyalahgunaan internet.
3.
Bagi orang tua, penulisan ini berfungsi untuk memberi informasi mengenai
berbagai manfaat serta keburukan internet, berbagai situs internet, dan
membantu orangtua melakukan pengawasan terhadap anak agar terhindar dari
keburukan internet.
4.
Bagi pemerintah, penulisan ini dimaksudkan sebagai penginformasian mengenai
dampak-dampak internet yang tidak sepenuhnya baik, khususnya terhadap
pendidikan, serta sebagai permohonan penegasan dan tindak lanjut pemerintah
atas dampak-dampak buruk internet yang sampai saat ini masih membahayakan
masyarakat. Selain itu, pemerintah juga diharapkan menyamaratakan perkembangan
Internet di seluruh daerah di Indonesia.
5.
Bagi pihak warnet, penulisan ini berguna sebagai informasi tentang berbagai
dampak dan pengaruh internet agar pihak warnet menjadi lebih berhati-hati dalam
menjalankan usahanya.
BAB II
KAJIAN TEORI
2.1 Pembahasan Teori
2.1.1
Dampak Internet
Internet adalah jaringan
komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia.
Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang
lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).Jaringan
jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer
dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan.
Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak ( dalam hal ini provider ) harus
memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data
yang dapat di akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet.
Dampak
Positif :
1.
Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak
digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna
lainnya dari seluruh dunia.
2.
Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat
3.
Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa
saja yang terjadi.
Dampak
Negative :
1.
Pornografi
Anggapan
yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela.
2.
Penipuan
Hal
ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan
penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi
informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut
3.
Kecenderungan munculnya kecanduan pelajar SLTP akan internet, yang
mengakibatkan lupa waktu. Kecanduan akan game online, chatting dan fasilitas
internet lainnya memicu anak menjadi malas belajar(minat belajar berkurang)
atau pun enggan melakukan aktivitas sosial lainnya.
2.1.2 Boros
Definisi Boros adalah perbuatan
yang menghambur-hamburkan Uang dan Berlebihan melakukan dengan hasil yang
minimum. Dalam kajian ini Boros diartikan sifat yang buruk yang mana Boros itu
dapat mempengaruhi uang saku para pengguna Internet.
2.1.3 Prestasi Akademik
Prestasi Akademik adalah
presatasi yang di gapai dalam bidang
Pelajaran di sekolah atau Universitas. Pendidikan untuk siswa yang memiliki
potensi kecerdasan dan bakat istimewa selama ini belum berjalan secara optimal.
Masih banyak dijumpai siswa dengan bakat akademis yang mengalami gejala
“prestasi kurang”/underachiever. Hal ini
akan menghambat pemberdayaan potensi sumber daya manusia apabila terus
berlangsung(I Wayan Dharmayana.2007).
.
2.2 Pengajuan Hipotesis
Disini
peneliti mengemukakan hipotesis bahwa Internet memiliki dampak :
1.
Pengaruh dan Dampak Positif Internet bagi Pendidikan
2.
Pengaruh dan Dampak Negatif Internet bagi Pendidikan
3.
Internet dapat menurunkan Prestasi Akademik
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1
Waktu dan Tempat Penelitian
Waktu : Hari Sabtu, tanggal 8 Mei 2013 - 19 Mei 2013
Tempat :
a. SDN Bojong Gede 7, Kab.Bogor
b. SMP N 11 Bogor, Kota Bogor
c. SMA N 2 Bogor, Kota Bogor
3.2 Metode dan Rancangan Penelitian
3.2.1 Metode penelitian
Metode yang peneliti lakukan
adalah Metode pustakawan dan Teknik Observasi ( melakukan survei kepada para
narasumber) . disini peneliti membagi narasumber berdasarkan tingkatan sekolah
:
a.
SD
b.
SMP
c.
SMA
3.2.2 Rancangan Penelitian
1.
Berapa kali dalam seminggu anda internetan ?
2.
Berapa besar presentasi anda untuk mengunjungi situs pengetahuan, ketika
internetan
1.
Situs pengetahuan apa yang anda tahu ?
4.
Apakah prestasi akademik meningkat
dengan adanya perkembangan internet?
5.
Apakah perkembangan internet mempengaruhi pergaulan pelajar?
6.
Apakah perkembangan internet mempengaruhi uang saku.
7.
Apakah perkembangan internet mempengaruhi moral para pelajar.
8.
Apakah anda pernah mengunjungi situs porno ?
3.3 Pengumpulan Data dan Analisis Data
3.3.1 Pengumpulan Data
Untuk Menjawab Hipotesis,
Peneliti telah melakukan berbagai survey yang mana surey itu berisikan
Rancangan Penelitian,Tempat di lakukan
Penelitian adalah di SDN Bojong Gede 7, SMPN 11 Bogor, SMA N 2 Bogor ,
sedangkan Waktu Penelitian di lakukan Pada Tanggal 9 Mei 2013 sampai dengan 16
Mei 2013.
3.3.2 Teknik Analisis Data
Teknik Analisis Data yang
digunakan dalam Peneliti ini Adalah
Teknik Survey atau Tanya Jawab kepada Narasumber
BAB IV
PEMBAHASAN
4.1 Hasil Pembahasan
Hasil
Penelitian tentang pengaruh Manfaat Internet bagi Pelajar Indonesia Adalah :
-
Jenis Kelamin :
Laki-Laki = 50%
Perempuan
= 50%
-
Tingkatan Subjek : SD, SMP, SMA
1.
Berapa kali dalam seminggu anda internetan ?
SD : 2x Seminggu ( 50% ),3x Seminggu
(50%)
SMP : 3x Seminggu ( 50%), 4x Seminggu ( 30%),
5x Seminggu (20%)
SMA : 5x Seminggu (45%),6x Seminggu (30%),7x
Seminggu (25%)
2.
Berapa besar presentasi anda untuk mengunjungi situs pengetahuan, ketika
internetan
SD : 0%
SMP : 10%
SMA : 30 %
1.
Situs pengetahuan apa yang anda tahu ?
SD : Tidak Tahu
SMP : Wikipedia ( 80%), Lain-Lain (20%)
SMA : Wikipedia (55%),BSE(35%),Lain-Lain (
10%)
1.
Apakah prestasi akademik meningkat
dengan adanya perkembangan internet?
SD : Tidak Tahu
SMP : Iya ( 80%),Tidak ( 20%)
SMA : Iya (97%),Tidak (3%)
5.
Apakah perkembangan internet mempengaruhi pergaulan pelajar?
SD : Tidak Tahu
SMP : Iya (95%),Tidak (5%)
SMA : Iya (100%)
6.
Apakah perkembangan internet mempengaruhi uang saku.
SD : Iya ( 75%), Tidak (25%)
SMP : Iya (98%),Tidak (2%)
SMA : Iya (100%)
7.
Apakah perkembangan internet mempengaruhi moral para pelajar.
SD : Tidak Tahu
SMP : Iya (90%),Tidak (10%)
SMA : Iya (96%),Tidak (4%)
8.
Apakah anda pernah mengunjungi situs porno ?
SD : Iya (5%),Tidak (95%)
SMP : Iya (50%),Tidak (50%)
SMA : Iya (50%),Tidak (50%)
4.2 Jawaban Terhadap Hipotesis
Berdasarkan hasil penelitian
diketahui bahwa pengajuan Hipotesis tidak sepenuhnya Benar karna menurut data
penelitian bahwa :
A. Internet tidak selamanya memiliki dampak
Buruk/negative
1.
Untuk SD Setelah dilakukan penelitian
bahwa internet menurut mereka adalah untuk bermain game-tidak untuk
pengetahuan. Dan ini peneliti menyimpulkan bahwa internet untuk Golongan ini
memiliki dampak Negativ/buruk.
2.
Untuk SMP Setelah dilakukan penelitian
bahwa internet menurut mereka adalah untuk mencari pengetahuan dan hiburan (
game online)
3.
Untuk SMA Setelah dilakukan penelitian bahwa internet menurut merkea
adlah salah satu sumber Ilmu dan pengetahuan
B.
Internet membuat uang saku Menjadi Boros
Untuk
semua tingkatan : setelah dilakukan
Penelitian hampir 75% untuk SD,98% untuk SMP,dan 100% untuk SMA. mengatakan bahwa Internet dapat membuat uang
saku Menjadi Boros,
C. Internet Tidak sepenuhnya menurunkan
Prestasi Akademik
1.
Untuk SD : setelah dilakukan penelitian bahwa 100% . anak pada umur ini tidak
mengetahui bahwa internet adalah salah satu sumber ilmu yang dapat meningkatkan
prestasi akademik mereka.
2.
Untuk SMP : setelah dilakukan penelitian bahwa 80% menyatakan bahwa internet
dapat meningkatkan prestasi Akademik,
dan 20% menyatakan bahwa internet tidak dapat menigkatkan prestasi Akademik.
3.
Untuk SMA : setelah di lakukan penelitian bahwa 100% menyatakan bahwa internet
dapat meningkatkan Prestasi Akademik
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1
Kesimpulan
Kesimpulan dari penelitian
terhadap pengaruh pemanfaatan internet terhadap anak – anak dan remaja
Indonesia adalah Internet dapat memiliki dampak positive/negative tergantung
para pengguna internet, akan tetapi untuk
SD dapat di simpulkan bahwa internet memiliki dampak negative karna
kecenderungan mereka menggap bahwa internet hanya sebagai media hiburan dan
Game online. Sedangkan untuk SMP dan
SMA dapat disimpulkan bahwa mereka
menggap internet sebagai salah satu sumber Ilmu /Pengetahuan
5.2 Saran
Peneliti menyarankan bahwa Internet
memiliki dampak Positif dan negative. Untuk meminimalisir Anak-Anak dan para
remaja untuk mengunjungi situs-situs yang negative. Perlu diadakanya pengawasan
yang diadakan oleh para Orang tua.Adanya pengaruh pengawasan dari orang tua
siswa itu sendiri, yang mengarahkan kepada anaknya bagaimana dan untuk apa
penggunaan fasilitas internet itu. Juga dapat menumbuhkan minat dan bakat siswa
terhadap jaringan atau penguasaan fasilitas – fasilitas internet.
No comments:
Post a Comment