Sunday, June 8, 2014

Laporan Ilmiah



            Laporan ilmiah ialah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang berhubungan secara struktural atau kedinasan setelah melaksanakan tugas yang diberikan. Laporan ilmiah dibuat sebagai bukti pertanggungjawaban bawahan/petugas atau tim/panitia kepada atasannya atas pelaksanaan tugas yang diberikan. Laporan ilmiah harus memuat data yang tepat dan benar serta objektif dan sistematis sehingga dapat dijadikan ukuran untuk membuat pertimbangan dan keputusan. Berdasarkan sifat penyajiannya, laporan dibedakan menjadi laporan formal dan laporan informal.


Sistematika Laporan Ilmiah
A. Bagian awal
1. Halaman judul;
2. Halaman Pengesahan (jika perlu);
3. Halaman motto / semboyan (jika perlu);
4. Halaman persembahan (jika perlu);
5. Prakata;
6. Daftar isi;
7. Daftar tabel (jika ada);
8. Daftar grafik (jika ada);
9. Daftar gambar (jika ada);
10. Abstraksi;

B. Bagian isi
1. Bab I Pendahuluan
2. Bab II Kajian Pustaka
3. Bab III Metode Penelitian / Penulisan
4. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan
5. Bab V Penutup

C. Bagian akhir
1. Daftar Pustaka
2. Daftar Lampiran
3. Indeks / Daftar Istilah

Sumber:
www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-laporan-ilmiah-dan.html
ilmucerdas.wordpress.com/profil/cara-penulisan-laporan-ilmiah/
www.slideshare.net/adhyanpilie/bab-v-menulis-laporan-ilmiah-sederhana
panduanguru.com/ciri-ciri-laporan-ilmiah-panduan-laporan-ilmiah
ocw.ipb.ac.id/file.php/19/Komunikasi_dan.../BMI-Laporan_Ilmiah.pdf    

Contoh laporan ilmiah
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
                Penggunaan teknologi internet di dunia semakin meningkat. Setiap orang pasti telah menikmati layanan internet. Dahulu internet hanya digunakan oleh para pekerja di bidang teknologi komputasi berbasis internet dan yang mengerti teknologi itu saja. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi ini juga mengalami perkembangan ke arah pencapaian kemudahan dan kenyamanan luar biasa dalam melakukan kegiatan sehari-hari yang dianggap tidak mungkin dapat dikerjakan dalam waktu singkat.

                Negara-negara besar di dunia seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Cina pun terus berlomba-lomba menghadirkan inovasi baru dalam perkembangan teknologi dunia. Teknologi yang terpesat perkembangannya saat ini adalah teknologi informasi dan telekomunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya.

                Internet adalah salah satu bukti nyata pesatnya perkembangan teknologi di bidang informasi dan telekomunikasi. Internet membawa pengaruh yang sangat besar dalam pola kehidupan masyarakat dunia, khususnya negara-negara maju. Internet disebut juga dunia tanpa batas karena sifatnya yang benar-benar mendunia. Waktu dan jarak bukan lagi masalah untuk memperoleh informasi maupun memberi informasi. Walau masih tertinggal jauh dari Negara-negara Asia yang lebih maju, perkembangan internet di Indonesia telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Secara keseluruhan memang masih dapat dikatakan bahwa internet relatif baru dikenal oleh masyarakat Indonesia.

                Internet kini menjadi pusat informasi di seluruh dunia. Pada kenyataannya ada sebagian orang yang belum memanfaatkan fungsi dari adanya internet. Sebagian orang mengalami kesulitan dalam mencari informasi karena kendala bahasa. Padahal berbagai kepentingan pekerjaan maupun pendidikan bergantung pada internet. Semua itu menuntut setiap individu untuk dapat mengoperasikan internet sebagai konsekuensi hidup di zaman serba canggih ini. Internet sebagai media pembelajaran mulai diterapkan pada dunia pendidikan. Peserta didik diajarkan mengenai pengoperasian internet, tujuannya adalah agar peserta didik mengenal dunianya, dunia yang tidak berhenti mengalami perkembangan teknologi.

                Namun, sebesar apapun manfaat internet bagi kehidupan manusia, sebesar itu pula internet membawa pengaruh buruk. Pengaruh buruk ini tentunya harus dihindari, terutama bagi para peserta didik sebagai generasi penerus bangsa.

1.2  Rumusan Masalah
                Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka masalah dalam penulisan ini dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana peranan internet dalam bidang pendidikan ?
2. Apa saja dampak-dampak penggunaan internet bagi pendidikan ?
3. Bagaimana cara menyikapi berbagai dampak penggunaan internet ?

 1.3  Tujuan Penelitian
 Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan ini adalah :
1. Untuk mengetahui peranan internet dalam bidang pendidikan.
2. Untuk mengetahui berbagai dampak penggunaan internet bagi pendidikan.
3. Untuk mengetahui cara menyikapi dampak atau pengaruh penggunaan internet.

1.4  Manfaat penulisan
1. Bagi peserta didik, penulisan ini bermanfaat sebagai referensi mengenai perkembangan internet serta peranannya dalam kehidupan sosial, pengaruh positif maupun negatif dari penggunaan internet, terutama dalam bidang pendidikan, dan sebagai acuan untuk menyikapi berbagai dampak dari internet agar dapat terhindar dari penyalahgunaan internet.

2. Bagi pendidik, penulisan ini berguna untuk memberi informasi seputar internet, pengaruh-pengaruh internet terhadap daya kreativitas dan perkembangan peserta didik, serta memudahkan pendidik dalam turut serta membantu menjauhkan peserta didik dari penyalahgunaan internet.
3. Bagi orang tua, penulisan ini berfungsi untuk memberi informasi mengenai berbagai manfaat serta keburukan internet, berbagai situs internet, dan membantu orangtua melakukan pengawasan terhadap anak agar terhindar dari keburukan internet.

4. Bagi pemerintah, penulisan ini dimaksudkan sebagai penginformasian mengenai dampak-dampak internet yang tidak sepenuhnya baik, khususnya terhadap pendidikan, serta sebagai permohonan penegasan dan tindak lanjut pemerintah atas dampak-dampak buruk internet yang sampai saat ini masih membahayakan masyarakat. Selain itu, pemerintah juga diharapkan menyamaratakan perkembangan Internet di seluruh daerah di Indonesia.
5. Bagi pihak warnet, penulisan ini berguna sebagai informasi tentang berbagai dampak dan pengaruh internet agar pihak warnet menjadi lebih berhati-hati dalam menjalankan usahanya.

BAB II
KAJIAN TEORI

2.1 Pembahasan Teori
          2.1.1 Dampak Internet
                Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak ( dalam hal ini provider ) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet.

Dampak Positif :
1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat
3. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.

Dampak Negative :
1. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.
2. Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut
3. Kecenderungan munculnya kecanduan pelajar SLTP akan internet, yang mengakibatkan lupa waktu. Kecanduan akan game online, chatting dan fasilitas internet lainnya memicu anak menjadi malas belajar(minat belajar berkurang) atau pun enggan melakukan aktivitas sosial lainnya.

2.1.2 Boros
                Definisi Boros adalah perbuatan yang menghambur-hamburkan Uang dan Berlebihan melakukan dengan hasil yang minimum. Dalam kajian ini Boros diartikan sifat yang buruk yang mana Boros itu dapat mempengaruhi uang saku para pengguna Internet.

2.1.3 Prestasi Akademik
                Prestasi Akademik adalah presatasi yang di gapai dalam  bidang Pelajaran di sekolah atau Universitas. Pendidikan untuk siswa yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa selama ini belum berjalan secara optimal. Masih banyak dijumpai siswa dengan bakat akademis yang mengalami gejala “prestasi kurang”/underachiever.  Hal ini akan menghambat pemberdayaan potensi sumber daya manusia apabila terus berlangsung(I Wayan Dharmayana.2007).
.
2.2 Pengajuan Hipotesis
Disini peneliti mengemukakan hipotesis bahwa Internet memiliki dampak :
1. Pengaruh dan Dampak Positif Internet bagi Pendidikan
2. Pengaruh dan Dampak Negatif Internet bagi Pendidikan
3. Internet dapat menurunkan Prestasi Akademik

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

 3.1 Waktu dan Tempat Penelitian 
Waktu   : Hari Sabtu, tanggal 8 Mei 2013 -  19 Mei 2013
Tempat                :
                a. SDN Bojong Gede 7, Kab.Bogor
                b. SMP N 11 Bogor, Kota Bogor
                c. SMA N 2 Bogor, Kota Bogor 

3.2 Metode dan Rancangan Penelitian 
3.2.1 Metode penelitian
                Metode yang peneliti lakukan adalah Metode pustakawan dan Teknik Observasi ( melakukan survei kepada para narasumber) . disini peneliti membagi narasumber berdasarkan tingkatan sekolah :
a. SD
b. SMP
c. SMA

3.2.2 Rancangan Penelitian
1. Berapa kali dalam seminggu anda internetan ?
2. Berapa besar presentasi anda untuk mengunjungi situs pengetahuan, ketika internetan
1. Situs pengetahuan apa yang anda tahu ?
4. Apakah prestasi akademik  meningkat dengan adanya perkembangan internet?
5. Apakah perkembangan internet mempengaruhi pergaulan pelajar?
6. Apakah perkembangan internet mempengaruhi uang saku.
7. Apakah perkembangan internet mempengaruhi moral para pelajar.
8. Apakah anda pernah mengunjungi situs porno ?

3.3 Pengumpulan Data dan Analisis Data
3.3.1 Pengumpulan Data
                Untuk Menjawab Hipotesis, Peneliti telah melakukan berbagai survey yang mana surey itu berisikan Rancangan Penelitian,Tempat  di lakukan Penelitian adalah di SDN Bojong Gede 7, SMPN 11 Bogor, SMA N 2 Bogor , sedangkan Waktu Penelitian di lakukan Pada Tanggal 9 Mei 2013 sampai dengan 16 Mei 2013.

3.3.2 Teknik Analisis Data
                Teknik Analisis Data yang digunakan dalam  Peneliti ini Adalah Teknik Survey atau Tanya Jawab kepada Narasumber

BAB IV
PEMBAHASAN

4.1 Hasil Pembahasan
Hasil Penelitian tentang pengaruh Manfaat Internet bagi Pelajar Indonesia Adalah :
- Jenis Kelamin        :
 Laki-Laki = 50%
Perempuan = 50%
- Tingkatan Subjek           : SD, SMP, SMA
1. Berapa kali dalam seminggu anda internetan ?
SD           : 2x Seminggu ( 50% ),3x Seminggu (50%)
SMP        : 3x Seminggu ( 50%), 4x Seminggu ( 30%), 5x Seminggu (20%)
SMA       : 5x Seminggu (45%),6x Seminggu (30%),7x Seminggu (25%)
2. Berapa besar presentasi anda untuk mengunjungi situs pengetahuan, ketika internetan
SD           : 0%
SMP        : 10%
SMA       : 30 %
1. Situs pengetahuan apa yang anda tahu ?
SD           : Tidak Tahu
SMP        : Wikipedia ( 80%), Lain-Lain (20%)
SMA       : Wikipedia (55%),BSE(35%),Lain-Lain ( 10%)
1. Apakah prestasi akademik  meningkat dengan adanya perkembangan internet?
SD           : Tidak Tahu
SMP        : Iya ( 80%),Tidak ( 20%)
SMA       : Iya (97%),Tidak (3%)
5. Apakah perkembangan internet mempengaruhi pergaulan pelajar?
SD           : Tidak Tahu
SMP        : Iya (95%),Tidak (5%)
SMA       : Iya (100%)
6. Apakah perkembangan internet mempengaruhi uang saku.
SD           : Iya ( 75%), Tidak (25%)
SMP       : Iya (98%),Tidak (2%)
SMA       : Iya (100%)
7. Apakah perkembangan internet mempengaruhi moral para pelajar.
SD           : Tidak Tahu
SMP        : Iya (90%),Tidak (10%)
SMA       : Iya (96%),Tidak (4%)
8. Apakah anda pernah mengunjungi situs porno ?
SD           : Iya (5%),Tidak (95%)
SMP        : Iya (50%),Tidak (50%)
SMA       : Iya (50%),Tidak (50%)

4.2 Jawaban Terhadap Hipotesis
                Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengajuan Hipotesis tidak sepenuhnya Benar karna menurut data penelitian bahwa :
A. Internet  tidak selamanya memiliki dampak Buruk/negative
1. Untuk SD  Setelah dilakukan penelitian bahwa internet menurut mereka adalah untuk bermain game-tidak untuk pengetahuan. Dan ini peneliti menyimpulkan bahwa internet untuk Golongan ini memiliki dampak Negativ/buruk.
2. Untuk SMP  Setelah dilakukan penelitian bahwa internet menurut mereka adalah untuk mencari pengetahuan dan hiburan ( game online)
3. Untuk SMA  Setelah dilakukan  penelitian bahwa internet menurut merkea adlah salah satu sumber Ilmu dan pengetahuan
B. Internet membuat uang saku Menjadi Boros
Untuk semua tingkatan  : setelah dilakukan Penelitian hampir 75% untuk SD,98% untuk SMP,dan 100% untuk SMA.  mengatakan bahwa Internet dapat membuat uang saku Menjadi Boros,
 C. Internet Tidak sepenuhnya menurunkan Prestasi Akademik 
1. Untuk SD : setelah dilakukan penelitian bahwa 100% . anak pada umur ini tidak mengetahui bahwa internet adalah salah satu sumber ilmu yang dapat meningkatkan prestasi akademik mereka.
2. Untuk SMP : setelah dilakukan penelitian bahwa 80% menyatakan bahwa internet dapat  meningkatkan prestasi Akademik, dan 20% menyatakan bahwa internet tidak dapat menigkatkan prestasi Akademik.
3. Untuk SMA : setelah di lakukan penelitian bahwa 100% menyatakan bahwa internet dapat meningkatkan Prestasi Akademik

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1  Kesimpulan
                Kesimpulan dari penelitian terhadap pengaruh pemanfaatan internet terhadap anak – anak dan remaja Indonesia adalah Internet dapat memiliki dampak positive/negative tergantung para pengguna internet, akan tetapi untuk  SD dapat di simpulkan bahwa internet memiliki dampak negative karna kecenderungan mereka menggap bahwa internet hanya sebagai media hiburan dan Game online.  Sedangkan untuk SMP dan SMA  dapat disimpulkan bahwa mereka menggap internet sebagai salah satu sumber Ilmu /Pengetahuan

5.2 Saran
                Peneliti menyarankan bahwa Internet memiliki dampak Positif dan negative. Untuk meminimalisir Anak-Anak dan para remaja untuk mengunjungi situs-situs yang negative. Perlu diadakanya pengawasan yang diadakan oleh para Orang tua.Adanya pengaruh pengawasan dari orang tua siswa itu sendiri, yang mengarahkan kepada anaknya bagaimana dan untuk apa penggunaan fasilitas internet itu. Juga dapat menumbuhkan minat dan bakat siswa terhadap jaringan atau penguasaan fasilitas – fasilitas internet.

No comments:

Post a Comment